UJIAN NASIONAL 2015 KE 1 BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA KELAS 9 SMP


LATIHAN 
UJIAN NASIONAL 2015 KE 1
BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA KELAS 9 SMP
soal lengkapnya bisa anda download di link bawah 


Teks untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 2 :
1) Salah satu proses pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru-guru dalam Kurikulum 2006 atau yang juga dikenal Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah mengembangkan kreativitas siswa secara optimal. 2) Pengembangan kreativitas siswa sangat penting terlihat dari bergesernya peran guru. 3) Dahulu guru sering mendominasi kelas, tetapi kini guru harus lebih banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan lebih aktif dan kreatif. 4) Membangun pemahaman yang baik kepada siswa akan sulit jika fisik dan psikis mereka dalam keadaan tertekan. 5) Kreativitas siswa dapat tumbuh dan berkembang dengan baik apabila lingkungan keluarga, masyarakat, dan lingkungan sekolah turut menunjang.

1.       Ide pokok paragraf di atas adalah ….
A.      Pengembangan kreativitas siswa dianggap penting dalam Kurikulum 2006 sehingga peran siswa bergeser dalarn proses pembelajaran.
B.      Guru dituntut mengembangkan kreativitas siswa sehingga siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran di kelas.
C.      Tujuan utama Kurikulum 2006 atau KTSP adalah membuat siswa berperan aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran di kelas.
D.      Mengembangkan kreativitas siswa secara optimal rnerupakan salah satu proses pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru-guru dalam Kurikulum 2006.

2.       Kalimat utama paragraf tersebut adalah ….
A.      1)                         
B.      2)
C.      3)
D.      4)

1) Berdasarkan survei dan laporan dari Human Development Report (HDR) tahun 2005, nilai Human Human Development Index (HDI) bangsa Indonesia sangat rendah, yaitu sebesar 0,697. 2) Hal ini menyebabkan Indonesia menempati peringkat-40 dari 174 negara. 3) Ini berarti bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia tertinggal dibandingkan dengan Negara-negara dikawasan Asia Tenggara. 4) Standar hidup dan kualitas hidup bangsa Indonesia masih rendah. 5) Hal ini akan berdampak pula pada tingkat budaya masyarakatnya, termasuk budaya membaca.
         Sumber     :         http://jalarambangbuttotoa.blogspot.com

3.       Kalimat yang merupakan fakta dalam paragraf tersebut adalah kalimat nomor ...
A.      1) dan 2)              
B.      2) dan 3)
C.      3) dan 4)
D.      4) dan 5)

4.       Kalimat yang berupa opini terdapat dalam kalimat nomor ….
A.      1) dan 2)              
B.      2) dan 3)
C.      3) dan 4)
D.      4) dan 5)
  

Paragraf berikut untuk menjawab soal nornor 5 dan 6.
"Belajar” Mendengar kata itu saja sebagian orang sudah merasa “alergi". Hal yang terbayang di benak seseorang adalah setumpuk buku tebal yangmembosankan. Banyak orang beranggapan kalau tidak lulus dari sekolah, untuk apa belajar. Orang-orang tersebut berpikir demikian karena mereka tidak melihat ataupun belum menikmati manfaat kegiatan belajar.

5.       Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf adalah….
A.      Banyak orang senang mendengar kata belajar.
B.      Orang membayangkan belajar sama dengan menghadapi setumpuk buku tebal.
C.      Orang yang tidak lulus dan sekolah masih perlu belajar lebih.
D.      Orang yang tidak pernah membaca memiliki pengetahuan yang kurang.

6.       Mengapa banyak orang beranggapan kalau tidak lulus sekolah tidak perlu belajar lagi?

         Jawaban pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf adalah . . ..
A.      Mendengar kata belajar saja orang sudah ketakutan dan membayangkan kesulitan beiajar.
B.      Terbayang oleh mereka pengalaman sebelumnya, yaitu setumpuk buku yang siap dipelajari.
C.      Mereka tidak melihat ataupun belum me­nikmati manfaat kegiatan belajar.
D.      Mereka kesulitan untuk menamatkan pendidikan sampai tamat/lulus dari sekolah.


DOWNLOAD SOAL LENGKAPNYA






7.       Bacalah kutipan biografi berikut dengan cermat!
      Almarhum Gus Dur adalah tokoh besar, disayang semua kalangan karena ide-ide dan pemikirannya yang terus hidup dan berkembang. Gus Dur adalah tokoh langka, nyleneh, kaya ide, dan mengabdikan sepenuh hidupnya untuk rakyat. Gus Miek menjuluki Gus Dur sebagai "Semar", tokoh pewayangan berbadan tambun, kulit hitam, perut buncit, dan berkuluk di kepala. Gus Dur menjadi sesepuh bangsa, guru bangsa, pejuang rakyat jelata dan kaum tertindas. Gus Dur itu milik semua orang, bukan hanya warga NU. Oleh karena itu, dia harus menjadi “Semar”.
       Sumber     : http://www.equator-news-com/ragam-warna/ pemikiran-anda/juiukan-semar-uniuk-gus-dur

        Hal yang menarik pada diri Gus Duryang diungkap­kan dalam kutipan biografi tersebut adalah….
A.      Ide-ide dan pemikirannya terus berkembang dan ia mengabdikan hidupnya untuk rakyat.
B.      Disayang oleh rakyat, anak, dan istrinya dengan setulus hati mereka sepanjang hayat.
C.      Sifatnya sangat terkenal yaitu suka membuat sesuatu yang lucu.
D.      Seorang tokoh pewayangan yang selalu penuh humor dan tidak membedakan derajat seseorang.
  
8.       Mang Sayur tersenyum. la memang selalu tersenyum. Tidak pernah marah meskipun anak-anak suka mengganggu. Kami tinggal di asrama di Bandung, terdiri dari 20 keluarga. Karena itu Mang Sayur lama dikerumuni oleh ibu-ibu yang malas pergi ke pasar karena jauh. Anak-anak asrama suka mengganggu. Mengambil tomat. Mengambil ikatan kacang. Bukan untuk dimakan, hanya untuk mengganggu Mang Sayur yang baik hati.

         Watak tokoh Mang Sayur pada cuplikan di atas adalah….
A.      murah senyum, sabar, dan baik hati.
B.      murah senyum, pemarah, dan baik hati.
C.      tidak sabar, baik hati, dan murah senyum.
D.      murah senyum, sabar, dan sakit hati.

9.       Tajuk Rencana
       Dalam menanggulangi kerusuhan yang akhir-akhir ini semakin merebak, selain menjamin persediaan barang cukup di pasar-khususnya sembako, pemerintah memberikan penerangan kepada masyarakat perlunya persatuan dan kesatuan dalam menghadapi krisis ekonomi. Mereka yang terlibat dalam kerusuhan itu kebanyakan hanya termakan oleh isu yang menyesatkan.
      
         Hal positif dalam tajuk tersebut adalah ....
A.      mengungkapkan kerusuhan di suatu daerah
B.      persatuan dan kesatuan sangat perlu dalam menghadapi krisis ekonomi
C.      isu menyesatkan menyebar ke mana­-mana
D.      krisis ekonomi terjadi akibat kerusuhan

10.     Untuk menertibkan warga agar menjaga kebersihan lingkungan demi kenyamanan hidup, Hanafi, ketua RT 120/78, mengajak sekretarisnya untuk memasang slogan di setiap gang di wilayah RT tersebut.

Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah....
A.      Kebersihan mohon selalu dijaga bersama
B.      Mari menjaga kebersihan untuk kenyamanan hidup
C.      Lingkungan bersih menyebabkan hidup penuh kebahagiaan
D.      Bersih lingkunganku nyaman hidupku

11.     Tema : Pentingnya mengembangkan bakat siswa.
        Rumusan masalah yang tepat sesuai tema tersebut adalah …..
A.      Berapa orang yang terlibat dalam mengembangkan bakat siswa?
B.      Bagaimana cara mengembangkan bakat siswa?
C.      Siapa yang harus bertanggung jawab terhadap pengembangan bakat siswa?
D.      Mengapa masalah pengembangan bakat siswa perlu dibahas?

12.     Mereka melaksanakan daripada kegiatan rutin yang selalu sering dilaksanakan setiap tahun.
         Bagian kalimat yang menyebabkan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah ….
A.      mereka, daripada
B.      daripada, yang
C.      daripada, sering
D.      kegiatan, selalu

13.     Perhatikan paragraf berikut ini!
       Pada tahun 1957 setelah Belanda dan Jepang meninggalkan Indonesia, Pemerintah mengambil alih perkebunan. Untuk mengamankan jalannya produksi, Pemerintah meletakkan perwira militer di setiap jenjang ….. perkebunan. Pemerintah juga membentuk BUMIL yang merupakan kerja sama antara buruh perkebunan dan militer. Perubahan pengelolaan dalam perkebunan dan kondisi sosial politik serta keamanan dalam negeri yang tidak …. menyebabkan produksi kelapa sawit menurun dan posisi Indonesia sebagai …. minyak sawit dunia terbesar tergeser oleh Malaysia.
         Sumber     :         http://www.ideelok.com/budidaya-tanaman/kelapa-sawit

         paragraf di atas adalah ….
A.      menejemen, kondusif, produsen
B.      manajemen, kondusif, produsen
C.      manejemen, kondusif, produsen
D.      manejemen, kondusiv, produsen

14.     Perhatikan paragraf berikut ini!

      Tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis) berasal dari Afrika Barat. Tanaman ini merupakan tanaman ….. utama minyak nabati yang mempunyai produktivitas lebih tinggi dibandingkan tanaman yang Iainnya. Kelapa sawit pertama kali .... di Indonesia oleh pemerintah Belanda pada tahun 1848. Saat itu ada empat batang bibit kelapa sawit yang ….. di Kebun Raya Bogor (Botanical Garden) Bogor. dua berasal dari Bourbon (Mauritius), dan dua lainnya dan Hortus Botanicus, Amsterdam (Belanda).

        Kata berimbuhan yang sesuai untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A.      menghasilkan, memperkenalkan, menanam
B.      menghasilkan, memperkenalkan, ditahan
C.      Siapa yang harus bertanggung jawab terhadap pengembangan bakat siswa?
D.      Mengapa masalah pengembangan bakat siswa perlu dibahas?

15.     Perhantian paragraf berikut ini!
       Setiap orang yang masuk dalam dunia ….. harus pandai menyusun kata dan kalimat Diksi atau pilihan kata yang mereka gunakan harus fepat dalam mengungkapkan maksud. Selain itu, mereka juga harus paham mengenai ejaan yang benar.

        Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf ­di atas adalah ….
A.      karang-karangan
B.      karang-mengarang
C.      karangan-karangan

D.      mengarang-karang
Previous
Next Post »
Thanks for your comment