UJIAN NASIONAL 2015 KE 1
BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA KELAS 9 SMP
soal lengkapnya bisa anda download di link bawah
Teks untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 2 :
1) Salah
satu proses pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru-guru dalam Kurikulum
2006 atau yang juga dikenal Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah
mengembangkan kreativitas siswa secara optimal. 2) Pengembangan kreativitas
siswa sangat penting terlihat dari bergesernya peran guru. 3) Dahulu guru
sering mendominasi kelas, tetapi kini guru harus lebih banyak memberikan
kesempatan kepada siswa untuk berperan lebih aktif dan kreatif. 4) Membangun
pemahaman yang baik kepada siswa akan sulit jika fisik dan psikis mereka dalam
keadaan tertekan. 5) Kreativitas siswa dapat tumbuh dan berkembang dengan baik
apabila lingkungan keluarga, masyarakat, dan lingkungan sekolah turut
menunjang.
1. Ide pokok
paragraf di atas adalah ….
A.
Pengembangan kreativitas siswa dianggap penting
dalam Kurikulum 2006 sehingga peran siswa bergeser dalarn proses pembelajaran.
B.
Guru dituntut mengembangkan kreativitas
siswa sehingga siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran di kelas.
C.
Tujuan utama Kurikulum 2006 atau KTSP adalah
membuat siswa berperan aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran di kelas.
D.
Mengembangkan kreativitas siswa secara optimal
rnerupakan salah satu proses pembelajaran yang harus dikembangkan oleh
guru-guru dalam Kurikulum 2006.
2. Kalimat
utama paragraf tersebut adalah ….
A.
1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
1) Berdasarkan
survei dan laporan dari Human Development
Report (HDR) tahun 2005, nilai Human Human
Development Index (HDI) bangsa Indonesia sangat rendah, yaitu sebesar
0,697. 2) Hal ini menyebabkan Indonesia menempati peringkat-40 dari 174 negara.
3) Ini berarti bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia tertinggal
dibandingkan dengan Negara-negara dikawasan Asia Tenggara. 4) Standar hidup dan
kualitas hidup bangsa Indonesia masih rendah. 5) Hal ini akan berdampak pula
pada tingkat budaya masyarakatnya, termasuk budaya membaca.
Sumber : http://jalarambangbuttotoa.blogspot.com
3. Kalimat
yang merupakan fakta dalam paragraf tersebut adalah kalimat nomor ...
A.
1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3) dan 4)
D.
4) dan 5)
4. Kalimat
yang berupa opini terdapat dalam kalimat nomor ….
A.
1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3) dan 4)
D.
4) dan 5)
Paragraf berikut untuk menjawab soal nornor 5
dan 6.
"Belajar”
Mendengar kata itu saja sebagian orang sudah
merasa “alergi". Hal yang terbayang di benak seseorang adalah setumpuk
buku tebal yangmembosankan. Banyak orang beranggapan kalau tidak lulus dari
sekolah, untuk apa belajar. Orang-orang tersebut
berpikir demikian karena mereka tidak melihat ataupun belum menikmati manfaat
kegiatan belajar.
5. Pernyataan
yang sesuai dengan isi paragraf adalah….
A. Banyak
orang senang mendengar kata belajar.
B. Orang
membayangkan belajar sama dengan menghadapi setumpuk buku tebal.
C. Orang
yang tidak lulus dan sekolah masih perlu belajar lebih.
D. Orang
yang tidak pernah membaca memiliki pengetahuan yang kurang.
6. Mengapa banyak
orang beranggapan kalau tidak lulus sekolah tidak perlu belajar lagi?
Jawaban
pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf adalah . . ..
A.
Mendengar kata belajar saja orang sudah ketakutan
dan membayangkan kesulitan beiajar.
B.
Terbayang oleh mereka pengalaman sebelumnya,
yaitu setumpuk buku yang siap dipelajari.
C.
Mereka tidak melihat ataupun belum menikmati
manfaat kegiatan belajar.
D.
Mereka kesulitan untuk menamatkan pendidikan
sampai tamat/lulus dari sekolah.
DOWNLOAD SOAL LENGKAPNYA
7. Bacalah
kutipan biografi berikut dengan cermat!
Almarhum
Gus Dur adalah tokoh besar, disayang semua kalangan karena ide-ide dan
pemikirannya yang terus hidup dan berkembang. Gus Dur adalah tokoh langka, nyleneh, kaya ide, dan mengabdikan
sepenuh hidupnya untuk rakyat. Gus Miek menjuluki Gus Dur sebagai
"Semar", tokoh pewayangan berbadan tambun, kulit hitam, perut buncit,
dan berkuluk di kepala. Gus Dur menjadi sesepuh bangsa, guru bangsa, pejuang
rakyat jelata dan kaum tertindas. Gus Dur itu milik semua orang, bukan hanya
warga NU. Oleh karena itu, dia harus menjadi “Semar”.
Sumber : http://www.equator-news-com/ragam-warna/
pemikiran-anda/juiukan-semar-uniuk-gus-dur
Hal yang
menarik pada diri Gus Duryang diungkapkan dalam kutipan biografi tersebut
adalah….
A.
Ide-ide dan pemikirannya terus berkembang dan
ia mengabdikan hidupnya untuk rakyat.
B.
Disayang oleh rakyat, anak, dan istrinya
dengan setulus hati mereka sepanjang hayat.
C.
Sifatnya sangat terkenal yaitu suka membuat
sesuatu yang lucu.
D.
Seorang tokoh pewayangan yang selalu penuh
humor dan tidak membedakan derajat seseorang.
8. Mang Sayur
tersenyum. la memang selalu
tersenyum. Tidak pernah marah meskipun anak-anak suka mengganggu. Kami tinggal
di asrama di Bandung, terdiri dari 20 keluarga. Karena itu Mang Sayur lama
dikerumuni oleh ibu-ibu yang malas pergi ke pasar karena jauh. Anak-anak asrama
suka mengganggu. Mengambil tomat. Mengambil ikatan kacang. Bukan untuk dimakan,
hanya untuk mengganggu Mang Sayur yang baik hati.
Watak
tokoh Mang Sayur pada cuplikan di atas adalah….
A.
murah senyum, sabar, dan baik hati.
B.
murah senyum, pemarah, dan baik hati.
C.
tidak sabar, baik hati, dan murah senyum.
D.
murah senyum, sabar, dan sakit hati.
9. Tajuk Rencana
Dalam menanggulangi kerusuhan yang
akhir-akhir ini semakin merebak, selain menjamin persediaan barang cukup di pasar-khususnya
sembako, pemerintah memberikan penerangan kepada masyarakat perlunya persatuan
dan kesatuan dalam menghadapi krisis ekonomi. Mereka yang terlibat dalam
kerusuhan itu kebanyakan hanya termakan oleh isu yang menyesatkan.
Hal
positif dalam tajuk tersebut adalah ....
A.
mengungkapkan kerusuhan di suatu daerah
B.
persatuan dan kesatuan sangat perlu dalam
menghadapi krisis ekonomi
C.
isu menyesatkan menyebar ke mana-mana
D.
krisis ekonomi terjadi akibat kerusuhan
10. Untuk
menertibkan warga agar menjaga kebersihan lingkungan demi kenyamanan hidup,
Hanafi, ketua RT 120/78, mengajak sekretarisnya untuk memasang slogan di setiap
gang di wilayah RT tersebut.
Slogan
yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah....
A.
Kebersihan mohon selalu dijaga bersama
B.
Mari menjaga kebersihan untuk kenyamanan
hidup
C.
Lingkungan bersih menyebabkan hidup penuh
kebahagiaan
D.
Bersih lingkunganku nyaman hidupku
11. Tema :
Pentingnya mengembangkan bakat siswa.
Rumusan
masalah yang tepat sesuai tema tersebut adalah …..
A.
Berapa orang yang terlibat dalam
mengembangkan bakat siswa?
B.
Bagaimana cara mengembangkan bakat siswa?
C.
Siapa yang harus bertanggung jawab terhadap
pengembangan bakat siswa?
D.
Mengapa masalah pengembangan bakat siswa
perlu dibahas?
12. Mereka melaksanakan daripada kegiatan rutin yang
selalu sering dilaksanakan setiap tahun.
Bagian kalimat
yang menyebabkan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah ….
A.
mereka, daripada
B.
daripada, yang
C.
daripada, sering
D.
kegiatan, selalu
13. Perhatikan paragraf berikut ini!
Pada
tahun 1957 setelah Belanda dan Jepang meninggalkan Indonesia, Pemerintah
mengambil alih perkebunan. Untuk mengamankan jalannya produksi, Pemerintah
meletakkan perwira militer di setiap jenjang ….. perkebunan. Pemerintah juga membentuk
BUMIL yang merupakan kerja sama antara buruh perkebunan dan militer. Perubahan
pengelolaan dalam perkebunan dan kondisi sosial politik serta keamanan dalam
negeri yang tidak …. menyebabkan produksi kelapa sawit menurun dan posisi
Indonesia sebagai …. minyak sawit dunia terbesar tergeser oleh Malaysia.
Sumber : http://www.ideelok.com/budidaya-tanaman/kelapa-sawit
paragraf
di atas adalah ….
A.
menejemen, kondusif, produsen
B.
manajemen, kondusif, produsen
C.
manejemen, kondusif, produsen
D.
manejemen, kondusiv, produsen
14. Perhatikan paragraf berikut ini!
Tanaman
kelapa sawit (Elaeis guineensis) berasal
dari Afrika Barat. Tanaman ini merupakan tanaman ….. utama minyak nabati yang
mempunyai produktivitas lebih tinggi dibandingkan tanaman yang Iainnya. Kelapa
sawit pertama kali .... di Indonesia oleh pemerintah Belanda pada tahun 1848.
Saat itu ada empat batang bibit kelapa sawit yang ….. di Kebun Raya Bogor (Botanical Garden) Bogor. dua berasal
dari Bourbon (Mauritius), dan dua
lainnya dan Hortus Botanicus, Amsterdam (Belanda).
Kata berimbuhan
yang sesuai untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A.
menghasilkan, memperkenalkan, menanam
B.
menghasilkan, memperkenalkan, ditahan
C.
Siapa yang harus bertanggung jawab terhadap
pengembangan bakat siswa?
D.
Mengapa masalah pengembangan bakat siswa
perlu dibahas?
15. Perhantian paragraf berikut ini!
Setiap
orang yang masuk dalam dunia ….. harus pandai menyusun kata dan kalimat Diksi
atau pilihan kata yang mereka gunakan harus fepat dalam mengungkapkan maksud.
Selain itu, mereka juga harus paham mengenai ejaan yang benar.
Kata
ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A.
karang-karangan
B.
karang-mengarang
C.
karangan-karangan
D.
mengarang-karang
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon